Keistimewaan Puasa 9 Dan 10 Muharram


Istilah puasa yaitu menahan hawa nafsu dari waktu subuh sampai adzan magrib. Puasa sendiri terbagi dua yaitu puasa wajib dan puasa ramadhan. Puasa wajib yaitu puasa yang diwajibkan bagi seluruh umat islam yang sudah baligh yang dilakukan dibulan ramadhan. Sedangkan puasa sunnah merupakan puasa yang jika dijalankan mendapatkan pahala yang banyak dan jika ditinggalkan tidak berdosa, tapi alangkah indahnya dijalankan juga. Salah satu puasa sunnah yaitu puasa dibulan muharram. Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura dilaksanakan tanggal 9 serta 10 bulan muharram tersebut. Dan berikut sedikit sejarah disunnahkannya puasa Tasu’a Dan Asyura di bulan muharram.  

Suatu hari baginda rasul nabi SAW berada di kota madinah, para kaum yahudi sedang melaksanakan puasa, maka beliau bertanya pada kaum yahudi, “puasa apa yang kalian kerjakan?” mereka pun menjawab, bahwa hari ini adalah hari baik, dimana bani israil telah diselamatkan oleh allah SWT dari kejaran musuh-musuhnya, selain itu Musa pun puasa sebagai tanda syukur dan kami mengikutinya. Kemudian baginda nabi kembali berkata, “kami lebih berhak terhadap musa”, hingga kemudian beliau pun memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa.

Bulan muharram memiliki keagungan dari bulan yang lainnya. Untuk itu dibulan muharram ini umat islam dilarang keras melakukan peperangan atau permusuhan terhadat kaum islam maupun non islam. Tujuannya yaitu agar umat islam slalu meningkatkan ibadahnya dan dan menghargai datangnya bulan muharram yang mulia ini.adapun keistimewaan puasa di tanggal 9 dan 10 muharram ini sangatlah besar sekali sekali bahkan ada sebuah keterangan yang menyebutkan bahwa bagi siapa yang berpuasa ditanggal 9 dan 10 muharram akan dihapuskan dosa setahun lalu dan yang akan datang.

Dalam pelaksanaan Puasa Tasu’a dan Puasa Asyura tata caranya sama seperti halnya yang diwajibkan dari waktunya, syaratnya serta rukunya. Perbedaannya hanya pada diniat lafadnya untuk pembacaan niatnya sama bisa dilakukan malam hari atau sebelum waktu imsak.
Berikut ini doa niat puasanya  
Niat puasa9 muharram (Puasa Tasu’a)
                      

“Nawaitu sauma fii yaumi tasu’a sunnatan lillahi ta’alaa
Artinya: Aku niat berpuasa Tasu’a , sunnah karena Allah ta’ala
Niat puasa 10 muharram (Puasa Asyura)


“Nawaitu sauma fii yaumi ‘asyuro sunnatan lillahi ta’alaa”
Artinya:Aku niat berpuasa Asyura, sunnah karena Allah ta’ala.

Setelah kalian mengetahui keistimewaan dari puasa tasu'a dan asyura dan mengetahui cara niatnya semoga kalian bisa menjalankan puasa tersebut, sehingga kalian mendapatkan pahala yang diberikan Allah SWT. sedikit informasi dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.


Keistimewaan Puasa 9 Dan 10 Muharram Keistimewaan Puasa 9 Dan 10 Muharram Reviewed by Unknown on September 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Footer

Powered by Blogger.