INSTALASI WORDPRESS PADA LOCALHOST

Pengertian Wordpress merupakan sebuah software alat untuk ngeblog yang gratis dan opensource. sistem management kontennya berupa CMS berbasiskan PHP dan MySQL, WordPress digunakan oleh lebih dari 18,9 % dari 10 juta website pada Agustus 2013 WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, pada lebih dari 60 juta situs. Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk mengistalasi wordpress pada localhost. Adapun langkahnya bisa dicontohkan dibawah ini:
  1. Persiapkan terlebih dahulu file WordPress terbaru. Kalau belum punya, bisa unduh dulu atau download langsung di WordPress.org.
  2. Kemudian aktifkan apache dan mysql di xampp kalian, kemudian buka folder XAMPP di komputer Anda. Lalu bukalah folder htdocs. Mudahnya, buka Windows Explorer, lalu pilih lokasi xampp punyak kalian. klo punyak saya di drive E:\xampp\htdocs, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  3. Selanjutnya buat folder di htdocs kemudia Copy-kan file WordPress ke dalam folder, seperti contoh terlihat pada gambar dibawah ini.
  4. Sebelum melanjutkan ke pengistallan wordpress, kita buat database dahulu di mysql.seperti contoh terlihat pada gambar dibawah ini. Dengan name database INSTAL.
  5. Sekarang bukalah browser favorit Anda. Untuk membuka situs wordpress offline ini, nantinya kita bisa mengaksesnya dengan alamat http://localhost/nama_folder. Kalau punyak saya http://localhost/INSTAL. Kenapa demikian?. karenakan folder htdocs tadi saya beri nama INSTAL. Lalu klik pilih b.indonesia biar memudahkan, kemudian pilih lanjutkan.
  6. Pilih ayo.
  7. Isikan nama database, user name, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.saya contohkan Klik Submit. Seperti contoh nama database tadi saya buat nama INSTAL kemudian nam pengguna root dan sandi kosong untuk host localhost dan prediksi Wp_ kemudian pilih kirim.
  8. Kemudian jalankan instalasi.
  9. Selanjutnya isikan judul situs yang akan kamu tampilkan nanti, kemudian nama pengguna dan sandi untuk log masuk, dan isikan email anda. Selanjutnya pilih instal dan tunggu prosesnya.
  10. Jika berhasil seperti tampilan dibawah ini.
  11. Jika ingin mengecek berhasil wordpress yang kalian buat, kalian bisa mengecek di localhost/INSTAL, atau nama folder yang kalian buat tadi. Seperti contoh ada digambar bawah ini.


Itu tadi informasi yang bisa saya berikan,semoga bermanfaat, Sekian terima kasih
INSTALASI WORDPRESS PADA LOCALHOST INSTALASI WORDPRESS PADA LOCALHOST Reviewed by Unknown on September 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Footer

Powered by Blogger.