Pesona Indonesia Wisata Alam Ketep Pass


Pesona Indonesia, Wisata Ketep Pass di daerah Magelang Jawa Tengah yang sejuk dan indah pemandangnnya. Destinasi Wisata Ketep Pass terdapat di Puncak bukit Sawangan di Ketep, Sawangan, Magelang Jawa Tengah. Lokasi ini berada di tepi jalur Solo-Selo-Borobudur. Jika diakses dari Solo maka anda harus melewati jalur arah Kota Boyolali, kemudian ke arah Magelang memalui jalur Selo. Sebelum sampai Magelang nantinya akan ada papan penunjuk jalan ke arah Wisata Ketep Pass ini.

Melihat dari atas bukit ada dua gunung yang kelihatan begitu dekat yaitu gunung Merapi dan Merbabu, namun untuk dapat melihat dua gunung tersebut dibutuhkan cuaca yang baik agar tidak terhalang oleh kabut. Pemandangan berupa gunung merupakan pemandangan yang selalu dicari oleh orang banyak baik dewasa maupun anak- anak. Suasananya yang sejuk dapat menentramkan hati dan dapat dijadikan sebagai tempat refreshing kita dari kesibukan kerja sehari-hari. Bukan hanya pemandangannya yang indah tetapi tempat ini juga menyediakan beberapa makanan khas magelang yang wajib kalian cicipi, untuk harganya jangan usah khawatir dijamin murah pokoknya.

Selain terkenal dengan pemandangannya yang indah, tempat wisata Ketep Pass di Mageang Jawa Tengah ini juga terdapat beberapa wisata petik strowberry yang wajib kalian coba. Lokasi ini tidak berada satu kompleks dengan Ketep Pass tetapi terdapat di seputaran wisata Ketep pass.tidak jauh sih dari wisata Ketep Pass. Jadi kalian benar benar akan menikmati suasana pegunungan yang sejuk lengkap dengan suasana pedesaan dan perkebunan strowberry yang ada di sekitarnya.

Untuk memasuki area wisata Ketep Pass tentu saja ada beberapa harga yang harus dibayar. Berikut adalah rincian biaya yang harus anda keluarkan untuk memasuki wisata Ketep Pass beserta fasilitas yang ada di dalamnya.
·         Tiket Masuk Area dan Museum : Rp10.500 untuk senin- sabtu, 12.500 minggu/hari libur.
·         Tiket Teropong : Rp5.000,-/orang
·         Parkir Sepeda Motor : Rp2.000,-/unit
·         Parkir Mobil : Rp5.000,-/unit
·         Parkir Mini Bus : Rp7.000,-/unit
·         Parkir Bus Besar: Rp12.000,-/unit

Harga diatas itu cuman acuan tapi klo kemarin masih segitu, sewaktu waktu harga tiket bisa naik.


Adapun Fasilitas yang ada di wisata ketep pass ini tentu akan sangat berguna dan bermanfaat untuk pengunjung karena fasilitas tersebut bisa digunakan untuk menunjang kegiatan yang dilakukan disana, adapun fasilitas itu seperti:

* Museum Vulkanologi
Museum ini merupakan bangunan yang memiliki luas sekitar 550 meter persegi yang berisi miniatur Gunung Merapi serta berupa foto- foto tentang meletusnya gunung merapi, bukan hanya itu juga didalamnya terdapat batuan hasil letusan Gunung Merapi pada tahun tahun sebelumnya dan lain sebagainya.


* Teropong
Ada dua buah teropong ddi kawasan wisata Ketep Pass ini yang dapat anda manfaatkan untuk melihat puncak Gunung Merapi, namun ada juga beberapa jasa yang menyediakan teropong keliling. Pada waktu tertentu anda dapat melihat pemandangan yang menakjubkan tentang Gunung Merapi dan Merbabu namun jika cuaca lagi sangat mendukung, karena biasanya terhalang kabut.

* Bioskop Mini Ketep Vulkano Theatre
Bioskop mini ini merupakan fasilitas yang sangat unik di wisata Ketep Pass. Bangunan ini berfungsi layaknya sebuah bioskop namun berukuran kecil dengan kapasitas 78 kursi. Film yang diputar adalah film tentang peristiwa meletusnya Gunung Merapi, jalur pendakian Gunung Merapi, penelitian Gunung Merapi dll.

* Pelataran Pancaarga
Mempunyai arti lima gunung. Lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat 5 gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Selain kelima Gunung tersebut pengunjung juga dapat melihat dan menikmati gunung-gunung kecil dan bukit-bukit yang sangat indah antara lain Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, dan lain-lain.


* Gardu Pandang
Berupa dua buah gazebo masing-masing dengan ukuran empat persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter. Dari Gardu Padang ini, pengujung dapat melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Merbabu, serta hamparan lahan pertanian yang ada di kedua kaki Gunung tersebut.


* Fasilitas Umum         
Fasilitas umum yang terdapat di Ketep Pass sudah sangat lengkap sekali, dari mulai mushola, toilet, parkir serta deretan warung yang siap menjajakan makanan dan jajanan khas Magelang seperti jagung bakar, mendoan, dll.


Itulah tadi sekilas info dari saya tentang wisata ketep pass di daerah magelang, semoga bermanfaat dan dapat anda buat acuan jika ingin berkunjung wisata indah tersebut. sekian terima kasih
Pesona Indonesia Wisata Alam Ketep Pass Pesona Indonesia Wisata Alam Ketep Pass Reviewed by Unknown on September 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Footer

Powered by Blogger.