Pesona Indonesia Gunung Prau Dieng Wonosobo


Pesona Indonesia memang tidak ada batasnya, salah satu pesona alamnya yaitu dikawasan dieng wonosobo. Dikawasan tersebut terdapat gunung prau yang  memiliki pesona alam  yang indah, baik itu sunrice di pagi hari maupun pemandangan beberapa gunung nampak kelihatan yaitu seperti gunung sindoro sumbing,merbabu dan gunung merapi. Gunung Prau menjadi tempat yang sangat favorit bagi wisatawan untuk menyaksikan golden sunrise. Tak hanya matahari terbit dan tenggelam, gunung dengan ketinggian 2590 mdpl itu juga menawarkan pemandangan galaksi bimasakti ketika malam hari. Gunung Prau bisa dibilang gunung yang ramah bagi wisatawan yang belum pernah mendaki gunung. wisatawan bisa mendaki Prau melalui Jalur Dieng, dengan estimasi waktu sampai puncak sekitar 2 sampai 2,5 jam. Waktu tersebut ditempuh dengan santai bukan berlari, hehehehhee.


Jalur Pendakian
Pendakian gunung prau memiliki 2 jalur utama yang sudah sering di lewati oleh para pendaki, Selain sudah tersedia pos-pos pemantau pendaki, jalur nya pun sudah banyak di kenal.
*Jalur pertama yaitu melewati Jalur utara. Jalur utara pendakian bisa di tempuh mulai dari Kabupaten Kendal, Yaitu jalur pendakian Desa Kenjuran yang terletak di Kecamatan Sukoreja. Jalur pendakian dari jalur kenjuran sendiri memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Rute Yang dilewati sedikit agak terjal.


*Jalur pendakian kedua yaitu lewat Jalur selatan melalui wisata alam dieng, Pendakian bisa di mulai dari Dieng atau Desa Patak Banteng, sebuah desa yang berada di sebelum pintu masuk dieng.Pendakian gunung prau melewati jalur dieng sedikit lebih ringan sekitar 3 jam pendakian.Untuk pendakian jalur ini memang tidak sama dengan jalur utara, jalur ini nanjak terus sehingga waktu yang ditempuh lebih cepat . Dalam jalur pendakian melewati desa patak banteng, terdapat 3 pos selama pendakian. Di pos-pos tersebut para pendaki bisa istirahat untuk mengumpukan tenaga dan mendirikan camp jika akan melanjutkan pendakian beberapa waktu. Biasanya di setiap pos ada petugas yang berjaga dan siap memberikan pertolongan jika para pendaki mengalami kesulitan dalam pendakiannya. Klo boleh saya sarankan lewat jalur ini aja biar cepat, karena saya mencoba lewat situh ya deket kok. heheheh
Pendakian melalui jalur Desa Patak Banteng dengan melewati tangga beton yang disebut Ondo Sewu atau tangga seribu menuju Pos 1 yang disebut Pos Sikudewo. Dari pos I ini menuju Pos 2 terdapat jalan setapak menanjak yang dipasangi teralis baja untuk memudahkan pendaki melakukan pendakian. Setelah sampai di Pos 2 yang disebut Pos Cangal Walangan, para pendaki bisa beristirahat sejenak di Pos 2 ini sambil menikmati keindahan Telaga Warna yang di kelilingi gunung-gunung tinggi di kejauhan dihiasi hamparan lahan pertanian di kaki dan lereng gunung.disitu kalian bisa berfoto selfi sepusanya sampai habis memorinya, hahahah. Sekedar info jika kalian melanjutkan perjalanan jangan lupa menyetok persediaan air.
Setelah lama beristirahat, kalian dapat melanjutkan pendakian ke Pos 3 atau Pos Cacingan. Menuju Pos 3 kalian diharapkan berhati-hati karena jalur yang licin dan di kiri-kanan jalan setapak ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup besar dan tinggi. Namun, tidak usah khawatir, karena dijalur ini  banyak jejak-jejak pendaki yang akan membantu kalian menuju ke  Pos 3. Selain itu, perjalanan menuju Pos 3 sangat menyenangkan karena cuacanya yang sangat sejuk. Anda juga bisa menyaksikan sunset diperjalanan jika hari telah beranjak senja. Sesampainya di Pos 3 ini Anda bisa mengisi perut dan beristirahat lagi sebelum menuju Puncak. Di Pos 3 ini juga masih ada signal jika kalian ingin membuat histori Istagram, hahahaha.....

Dari Pos 3 menuju ke Puncak Prau tidak lah terlalu jauh namun jalur yang menanjak. Hati-hati melewati jalur ini karena medannya berbatu dan terdapat jurang yang dalam di kiri-kanan jalur. Dalam waktu kira-kira 45 menit Anda akan sampai di area camping, tepatnya di kawasan Bukit Teletubbies. Area yang cukup luas, datar, dan aman untuk camping. 

Pesona Gunung Prau

Setelah kalian semalaman beristirahat dipagi harinya yang kalian cari sunrice gunung prau begitu indah. Siapa yang tidak mengenal keindahan sunrise gunung prau. Sunrise yang memiliki karakteristik kuning keemasan dengan semburat warna biru langit menjadikan sunrise gunung prau termasuk sunrise yang indah. Sunrise terbaik gunung prau ini akan muncul ketika peralihan di bulan april-mei, tpi itu juga jika cuaca lagi mendukung. Selain keindahan sunrisenya, gunung rau juga terkenal dengan bukit teletubies nya, yaitu sebuah view sabana di atas gunung prau dengan bukit setengah lingkaran kecil2 seperti pada kartun anak-anak teletubies. View bukit teletabies paling bagus ketika pagi hari dengan sedikit kabut yang menyelimuti. bukan hanya itu kalian juga disuguhkan beberapa gunung yang nampak kelihatan didepan mata seperti gunung kembar sindoro,sumbing, merbabu merapi dan banyak gunung lainnya.
Untuk itu jangan dirumah terus nikmatilah pesona indonesia, dan kalian wajib ke dieng ini. Semoga informasi ini bermanfaat, sekian terima kasih.  
Pesona Indonesia Gunung Prau Dieng Wonosobo Pesona Indonesia Gunung Prau Dieng Wonosobo Reviewed by Unknown on September 24, 2017 Rating: 5

No comments:

Footer

Powered by Blogger.