KHASIAT UAP AIR UNTUK WAJAH


Uap adalah suatu bentuk gas yang terbentuk ketika suatu cairan mengalami pemanasan hingga titik didih tertentu. ketika berada dalam konteks air, maka titik didihnya berada pada 100 derajat celcius. Berbeda dengan cairan lain, seperti bensin, yang akan mudah menguap tanpa harus mengalami pemanasan hingga suhu 100 derajat celcius. Nah, untuk membentuk uap air dangat mudah kan? Anda hanya tinggal memanaskan air hingga mencapai titik didih.
Uap air sendiri juga sengaja dibuat oleh beberapa orang untuk keperluan tertentu, yang saat ini sering kita kenal dengan istilah steaming, spa dan juga sauna. Ketiga jenis perawatan ini memilik konsep yang sama, yaitu menggunakan uap air panas untuk membantu proses perawatan tubuh dengan menggunakan alat – alat tertentu.
Mungkin bila anda sering melakukannya di salon maka anda akan mengenal alat steam atau radiant heat (lampu infra merah untuk memanaskan kulit agar sel-sel kulit mati dan sumbatan pada pori-pori kulit menjadi lunak serta mudah dibersihkan. Selain itu, pemanasan kulit akan melebarkan pembuluh darah sehingga asupan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit menjadi lebih baik.
Dengan proses pembersihan yang benar maka penyumbatan pori akibat sel-sel kulit mati dan kotoran maupun sebum kulit yang dikenal sebagai komedo tertutup atau milia atau white head (jerawat yang tidak meradang yang permukaannya masih tertutup oleh lapisan tipis kulit). Dapat dibersihkan dengan cara ekstraksi menggunakan microlander setelah steam dan komedo (bentol jerawat yang berbintik hitam) akibat teroksidasi udara dapat dihilangkan (setelah dilakukan steam) dengan cara pemencetan kuat dengan jari yang dilapisi tisu bersih.
Berikut cara menguapi wajah dengan air panas yang benar menurut beberapa tenaga ahli di klinik kecantikan adalah :
  • Siapkan baskom bersih ukuran sedang
  • Masukan air panas dan siapkan diri Anda
  • Uapi wajah Anda
  • Ratakan dengan menggerakan wajah kekanan dan kekiri
  • Jangan pernah menguapi wajah lebih dari 3 menit
Sederhana sekali bukan, selain menggunakan air hangat steaming atau penguapan juga bisa menggunakan air panas yang dicampur dengan garam. Dengan menggunakan air panas dan garam dapat membantu mengurangi peradangan kulit yang terjadi karena jerawat. Caranya ambil air panas secukupnya lalu campurkan dengan garam hingga terasa asin. Aduk hingga merata kemudian gunakan air tersembut untuk mencuci muka. Lakukan hal tersebut secara rutin maka kesehatan kulit wajah akan terjaga. Anda dapat melakukan perawatan kecantikan ini satu minggu sekali atau empat kali dalam sebulan untuk meremajakan kulit.
Berikut segudang manfaat uap air hangat untuk perawatan kulit wajah yang bisa Anda peroleh jika rutin yah melakukan penguapan wajah ini.

1. Membuat kulit lebih bercahaya
Penguapan wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memanaskan wajah Anda. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke wajah, menyebabkan lebih banyak nutrisi dan oksigen yang mengalir ke wajah sehingga membuat wajah Anda lebih sehat dan bersinar.

2. Memberantas jerawat 
Penguapan wajah juga dapat menghilangkan sel kulit mati, bakteri, kotoran dan minyak berlebih dari kulit, sehingga dapat mencegah jerawat. Jerawat disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Penguapan wajah juga dapat melembutkan lapisan atas kulit  untuk menghapus semua kotoran dan membantu kulit untuk bernapas.

3. Mengeluarkan racun
Di antara manfaat kecantikan terbaik dari uap wajah adalah membantu kulit berkeringat. Keringat yang keluar akan membawa semua racun dan sel-sel kulit mati. Ini akan mencegah semua infeksi kulit dan membuat kulit Anda bersinar dan segar.

4. Menghilangkan komedo
Kebiasaan ini juga dipercaya bisa menghilangkan komedo. Minyak dan lemak yang terjebak dalam folikel kulit ternyata dapat menyebabkan komedo. Proses penguapan ini akan menghapus semua kotoran dan minyak sehingga menghilangkan komedo. 

5. Membuat kulit lebih muda
Setelah mencapai usia 20 tahun, proses pembaruan kulit Anda akan melambat, sel-sel kulit mati tidak bisa hilang dengan mudah dan sel-sel kulit baru membutuhkan waktu yang lama untuk menggantikannya. Sebabnya, lapisan atas kulit Anda akan menjadi keriput dan kusam. Proses penguapan wajah akan menghilangkan lapisan sel kulit mati dan membantu dalam peremajaan kulit.

6. Menghapus noda pada wajah
Uap membantu memudarkan semua noda di kulit Anda karena akan meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke kulit Anda. Hal ini juga akan merangsang pertumbuhan sel baru dan menghilangkan sel-sel kulit yang sudah tua. Semua proses ini membantu untuk menghilangkan bintik-bintik pada wajah.

7. Pigmentasi 
Uap wajah juga dapat membantu menghilangkan pigmentasi kulit dengan menangkal pigmentasi secara bertahap. Hal ini juga dapat mencerahkan warna kulit Anda.
8. Relaksasi. Setelah melakukan steaming 4-5 menit,Anda akan merasa rileks dan santai.Kemudian 30 menit sapukan es batu di sekitar wajah.Ini bisa menekan pertumbuhan jerawat di kulit wajah.

Cara Mengoptimalkan Kegunaan Uap Air Panas

Agar memilki hasil yang lebih optimal, terutama untuk kesehatan kulit anda. Anda dapat memasukkan beberapa bahan ini pada air yang mendidih, sehingga akan diperoleh uap air panas, plus uap dari sari bahan-bahan dibawah ini :
  • Lavender, green tea, eucalyptus, tea tree oil, potongan lemon, chamomile dan mint bagi anda yang memilki karakteristik kulit yang berminyak
  • Lavender, chamomile, rosemary, green tea bagi anda yang memilki karakteristik kulit yang kering dan kasar
  • Chamomile, lavender khusus untuk anda yang memiliki kulit yang sensitive, dan sulit untuk mencari produk perawatan kulit anda
Nah, itulah manfaat uap air hangat, bagi kita. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua para pembaca.
Sumber
www.cnnindonesia.com
www.penulispro.com
www.manfaat.co.id
www.resep.web.id
KHASIAT UAP AIR UNTUK WAJAH KHASIAT UAP AIR UNTUK WAJAH Reviewed by Unknown on July 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Footer

Powered by Blogger.